Latar belakang Adat Dalihan Natolu.

1. Masa kelabu Batak Toba

Sebagaimana telah dijelaskan dalam Bab.I.E, bahwa Mutiaraja, gelar Raja Malim/Raja Uti I, dalam kunjungan dua harinya ke Toba, telah memotivasi/memberi pengarahan kepada Si Raja Batak, agar mempersiapkan berdirinya kembali kerajaan Batak. Sehubugan dengan maksud itu, haruslah dipikirkan, bagaimana mengadakan rakyatnya, sebab tidaklah mungkin mendirikan Negara tanpa rakyat, maka dimunculkanlah pesan estafet dari generasi ke generasi, yaitu pesan yang dituangkan dalam pantun (umpasa) berikut:

" Laklak diatas pintu, singkoru ginolom golom.

Maranak ma ho sampulu pitu, marboru sampulu onom" yang berarti : beranak banyaklah engkau.

Jumlah manusia di Toba selama tujuh generasi itu, tentulah belum seberapa, yang terjadi sebenarnya pada masa itu, adalah penculikan.

Mitologi Nakhoda raja Simbolon dan mitologi Datu Pejel Nairasaon, sama persis dengan mitologi Si Joko Tarup di Jawa, sama-sama berbau menghilangkan jejak; maka untuk selanjutnya, kita sebutlah zaman itu sebagai zaman penculikan.

Seperti diterangkan diatas, tindakan main geledah itu, hanya dapat dilakukan oleh para ksatria pemberani, tidak berlaku umum, maka pria Batak Toba umumnya, tetap saja mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasangan hidupnya. Mencari solusi dalam mengatasi kesulitan itu, secara bertahap sesuai dengan perkembangan zaman, munculah beberapa pemikiran dan tindakan, antara lain:

  • Munculnya istilah Talimagulang yang dapat diartikan sebagai tali penolong, dimana seorang janda, adalah hak dari saudara suaminya. Tiga bulan setelah perempuan itu menjanda, datanglah saudara suaminya menyangkutkan ikat pinggang pada pintu rumah si Janda, (dalam istilah Batak, disebut: Manangkothon Hohos), itulah sebagai pertanda menunjukkan maksud hatinya. Jika si janda bersedia menerima, maka dibiarkannya ikat pinggang itu tersangkut dipintu rumahnya sampai pagi hari; jika tidak suka, diambilnyalah ikat pinggang itu serta dicampakkannya ke halaman, biar semua yang melihat tahu, bahwa dia menolaknya; dan bila terjadi demikian, terbukalah kesempatan bagi saudara yang lainnya.
  • Terjadinya perkawinan semarga, asalkan berlainan kampung halamannya, dan disebutlah kampung asal si wanita itu menjadi marganya.
  • Digandrungi oranglah perkawinan Famili yang disebut Marboru ni Tulang.
  • Terjadilah pertunangan dibawah umur, yang disebut Paorohon, bahkan kadang-kadang, masih dalam kandungan pun, sudah diajukan pesanan (di booking,  istilah sekarang).
  • Muncullah informan/perantara yang berfungsi mencari serta menjembatani kesepakatan antara pihak Pria dan pihak Wanita, mereka inilah yang kemudian disebut Domu domu. Demikianlah situasi dan kondisi yang  dialami orang Batak Toba, selama tujuh generasi mulai dari Si Raja Batak  , tidak ada  aturan  hidup  yang  harus  dipatuhi maupun yang dapat di pedomani;   setiap  orang  berbuat   menurut kehendaknya sendiri sendiri. Situasi dan kondisi yang demikian itu muncul ,   karena tidak ada pemerintahan   yang membuat aturan.
Kita sebutlah zaman ini sebagai Masa kelabu bagi masyarakat Batak Toba.

2.  Terbentuknya Masyarakat Dalihan Natolu.

Pada masa pemerintahan Raja Sisingamangaraja I, berita tentang masa kelabu itu, sampailah kepada Raja Malim/Raja Uti VII, yang bermukim di Pulau Munsung babi, maka dianjurkannya kepada Raja Sisingamangaraja I, supaya mengundang para pemuka masyarakat Batak Toba, berkumpul bermusyawarah, meletakkan aturan hidup masyarakat yang dapat memberikan kebaikan bagi seluruh keluarga keturunan si Raja Batak. Sesuai dengan anjuran tersebut, maka pada sekitar akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16, untuk pertama kalinya, diadakanlah sidang permusyawaratan (Loloan bolon) di Bakkara; para peserta sidang, disebut Ompu Raja Ijolo (Raja napinajolo) yang berarti para pemuka masyarakat. Dalam persidangan tersebut, ditetapkanlah sistim kekerabatan/kekeluargaan; dan diterapkanlah penggunaan/ pemakaian marga yang menjadi dasar pengelompokan masya rakat Batak Toba.

Kelompok semarga , disebut Dongan tubu; Kelompok pemberi isteri, disebut Hulahula; Kelompok penerima isteri, disebut Boru.

Seiring dengan pengelompokan tersebut, dijadikanlah tungku nan tiga (Dalihan na tolu) sebagai simbol, yang menggambarkan prinsip kerjasama (Prakmatika) ketiga komponen masyarakat itu; maka, masyarakat Batak Toba itupun, disebutlah Masyarakat Dalihan Natolu. (Bandingkan: Masyarakat Marhaen dan masyarakat Madani). Dalihan Natolu, didirikan berdasarkan kesetaraan, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, dan bertang gung jawab sesuai dengan fungsi kelompoknya masing-masing.

Dalihan Na Tolu bukanlah kasta karena setiap orang Batak memiliki ketiga posisi tersebut; ada saatnya menjadi Hula hula/Tondong, ada saatnya menempati posisi Dongan Tubu/Sanina dan ada saatnya menjadi BORU. Dengan Dalihan Na Tolu, Adat Batak tidak memandang posisi seseorang berdasarkan pangkat, harta atau status seseorang. Dalam sebuah acara adat, seorang Gubernur harus siap bekerja mencuci piring atau memasak untuk melayani keluarga pihak istri yang kebetulan seorang Camat. Itulah realitas kehidupan orang Batak yang sesungguhnya. Lebih tepat dikatakan bahwa Dalihan Na Tolu merupakan SISTEM DEMOKRASI Orang Batak karena sesungguhnya mengandung nilai nilai yang universal.

3.   Sihalsihal (Dongansahuta / STM)

Pada saat ini , khususnya ditanah asal, sudah populer adat batak  Dalihan natolu paopat sihalsihal ; mengikuti saran dari orang-orang tua dan kritisi adat, songon on do pardalanna.

Hirahira ditaon 1914, ragat do halak batak manombang tu angka luat sileban na di luar ni Toba, jala denggan do dipaborhat na sahuta i nasida, huhut  ditonai,asa tongtong diingot jala diulahon  adat, songon  namasa dihutana.  Ditingki na paborhathon i, didok ma umpasa songon on :
  • Sian Balige

    Tinaba bulu godang, binahen sigesige, tudia pe  damang marjalang, sai ingot adat Balige
  • Sian Porsea

    Ni duda duhutduhut, binahen gabe hosea. (Hosea=0bat) tudia pe damang mangaranto, sai ingot adat Porsea.
  • Sian Muara.

    Timbo bona ni Pining, balga bona ni Hariara, tung tudia pe damang manombang,sai ingot adat Muara.

Ditano parserahan, pajumpang ma panombang(Pangaranto), gabe sahuta ma nasida atik pe napulikpulik marga,  na ro sian Desa na ualu. Asa boi nasida masiurupurupan mangulahon adat, dipajongjong nasida ma punguan parsahutaon, tubu ma istilah Dongan sahuta /Sarikat Tolong Menolong (STM). .

Di angka ulaon adat, olo do sipata sarupa paradaton i, alai olo do sipata dang sarupa. Molo dang dos timbo ni Dalihan Natolu i, gabe dang hot / dang dasip be parpeak ni pangalompaan diginjangna.  Asa boi hot jala dasip pangalompaan i peak di hapeahanna jala hot di ingananna, dibuat ma batu nametmet laho manghalang (Mangganjal), batu na metmet i ma nanigoaranna Sihalsihal na gabe simbol ni parsahutaon. Jadi, molo dos do timbo ni Dalihan natolu ( ada kesepakatan diantara Dongan tubu,Hulahula,Boru), maka berlakulah prinsip Dongansahuta Panolopi; alai molo dang dos roha ni natolu komponen i, berlakulah prinsip Dongansahuta Pamintoran ( juru damai).

Songon naung tinaringotan diginjang i, ianggo pada dasarna, pangurupi ni suhut do parsahutaon i, jala tongtong do berlaku  hata ni umpasa namandok :

Gaja pinagajagaja, duhut duhut do gagatonna, Raja pinarajaraja, guru di suhut do hasuhutonna.

Olo do sipata adong sian dongan sahuta/STM i na mamereng kedudukanna sian sudut kompetensi, tubu ma tu rohana,  parsahutaon/STM i do na paling berkompeten; molo dang dioloi suhut hata ni dongan sahuta, ba di pasombu ma suhut i mangula ulaonna i .   Mangihuthon na binege dohot na niida sandiri, hea ma dipaksahon parsahutaon, ingkon jolo patupaon ni suhut adat marhusip andorang so marpudun saut, jala ingkon marsipanganon (mardalan Tudutudu ni sipanganon sian paranak, Dengke sitiotio/dengke simudurudur sian parboru), hape dang masa adat marhusip nasongon i di hasuhuton ; beasa paksahononhon tu hasuhuton naso adatna ? Unang lupa hita, disada tingki, suhut do nang hita.

Dibonapasogit, namardongatubu/samarga do maringanan di sada huta, molo adong pe marga na asing disi,ala na sinonduk hela do i, ima nanigoaranna Boru diampuan. Dang digorahon disi jambar tu dongan sahuta, jadi, patut do maol tarjalo nasida goar/ pandohan Dalihan natolu paopat sihalsihal.

Landasan dan Tujuan Adat Dalihan Natolu

Diatas telah dibicarakan tentang sistim kekerabatan/ kekeluargaan masyarakat Batak Toba, yang  disebut sebagai  masyarakat Dalihan Natolu;  maka, Aturan/ Tatanan hidup yang menjadi adat dari Masyarakat Batak itu pun, disebutlah Adat Dalihan Natolu.       

Pada   persidangan  para  pemuka masyarakat (Ompu Raja Ijolo) di Bakkara , sekitar  akhir  abad  ke-15  atau  awal abad ke-16, di rumuskanlah  pandangan  hidup yang  menjadi  sumber hukum terhadap aturan – aturan   selanjutnya ,  yang  dalam   bahasa    Batak  disebut Ruhut ni Adat. Pandangan hidup tersebut,  dituangkan dalam Pantun (umpasa) berikut:

Ompu Raja Ijolo, martungkot sialagundi. Adat na pinungka ni parjolo, ido ihutihuton ni na dipudi.

Uhum do na taihuthon, adat na taula. Elek marboru, somba marhulahula. Manat mardongan tubu, burju mardongan sahuta.

Asa tu Sanggar Amporik, tu ruang ia Satua. Anggiat sinur na pinahan, gabe na ni ula. Horas ma antong jolma.
    
Yang dapat diartikan sebagai berikut:

*       Kami para pemuka masyarakat, berpegang pada kebaikan /demi kebaikan). Aturan hidup yang dibuat para pendahulu, itulah yang menjadi pedoman bagi generasi penerus.

*       Tunduk pada hukum, adat dilaksanakan. Sayangi Boru, hormati Hulahula; Pelihara/jagalah hubungan baik terhadap sesama saudara maupun dengan tetangga.

Supaya jauhlah bencana, maka manusia pun selamat sejahtera.

No comments:

Post a Comment